Jenis-jenis karburator pada sepeda motor

Jenis-jenis karburator pada sepeda motor

Jenis-jenis karburator pada sepeda motor.  Karburator di setiap sepeda motor terdapat perbedaan. Karena itu, untuk merk dan tipe masing-masing sepeda motor terdapat ciri khas tersendiri, begitu juga untuk pemakaian varian motor terdapat perbedaan.

Hal tersebut disesuaikan dengan kekurangan dan kelebihan pemakaian karburator maupun peruntukkan tipe motornya. Karburator pada sepeda motor sport dan bebek berbeda dengan karburator yang dipakai di jenis sepeda motor matic. Berikut adalah jenis-jenis yang terdapat pada karburator.

Umumnya bentuk karburator terbagi menjdi dua tipe, yaitu karburator yang berbentuk bulat dan karburator bentuk kotak. Dari segi bentuk, untuk performa kerja karburator tidak terlalu berpengaruh walaupun masing-masing karburator tersebut memiliki desain dan bentuk yang berbeda.

Karburator sepeda motor tipe matic, bebek, dan sport yang berlaku pada semua merk sepeda motor bisa digolongkan atau diklasifikasikan ke dalam model-model karburator, diantaranya adalah karburator jenis FE, PJ, PWK, PWL, TM, dan karburator jenis TMK.

Dari masing-masing model pada karburator tersebut, secara fisik karburator maupun performa karburator yang dihasilkan pada mesin sepeda motor terdapat perbedaan. Dari perbedaan tersebut, terdapat kekurangan dan kelebihan dalam pemakaiannya yaitu antara lain :

  1. Model PE, yaitu berbentuk skep bulat berlapis chrome, memiliki performa tarikan yang baik pada mesin, mudah dalam penyetelan, dan irit bahan bakar.
  2. Model PJ, biasanya dipakai untuk jenis motor dua langkah. Dilengkapi dengan skep oval berlapis chrome, lebih boros bahan bakar walaupun penyetelannya telah dibuat irit.
  3. Model PWK, berbentuk skep semi flat dan berlapis chrome, memiliki performa yang bagus tetapi lebih boros bahan bakar. Untuk itu, tipe ini biasanya digunakan untuk sepeda motor jenis motor cross dan road race.
  4. Model PWL, karburator model ini memiliki performa yang bagus di putaran rendah tapi saat berakselerasi pada kecepatan tinggi, tarikan kurang bertenaga karena saluran ven- turinya mengecil di bagian atas.
  5. Model TM, karburator berbentuk skep kotak, performa pada mesin lebih bagus disbanding karburator yang berbentuk skep bulat karena udara yang masuk lebih lancar dan cepat.
  6. Model TMX, karburator berbentuk skep setengah lingkaran, memiliki kelebihan akselerasi dan tingkat performa mesin pada kecepatan rendah, menengah, dan kecepatan tinggi tetap stabil.


0 komentar:

Posting Komentar